HEALTH IS NOT EVERYTHING, BUT EVERYTHING WITHOUT HEALTH IS NOTHING

Search

Selasa, 19 Mei 2015

Seminar Beasiswa dan Launching Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta

Panitia Kemitraan Sahabat Beasiswa dengan HMPS Kesmas UIN Jakarta berfoto usai acara berlangsung (19/04/2015)
Seminar Beasiswa dan Launching Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta adalah acara yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPS Kesmas) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama komunitas Sahabat Beasiswa (SB). Gagasan acara ini berawal saat HMPS Kesmas, yang memiliki program kerja untuk mengadakan seminar beasiswa untuk mahasiswa, mendapat tawaran dari pihak komunitas SB untuk menjadi tuan rumah dalam launching komunitas SB Chapter Jakarta. Dari adanya tawaran SB yang disambut baik oleh pihak HMPS Kesmas, maka terciptalah kerja sama untuk mengadakan acara seminar beasiswa sekaligus launching komunitas SB Jakarta.

Penyelenggaraan acara ini hanya menghabiskan waktu 2 minggu dalam persiapannya , dimulai sejak disepakatinya kerja sama diantara kedua belah pihak. Hal ini dikarenakan pihak SB ingin membentuk komunitas SB di Jakarta secepatnya agar dapat sesegera mungkin mengakomodir para pemburu beasiswa yang membutuhkan wadah untuk mengembangkan diri dan memperoleh bimbingan agar sukses meraih beasiswa.

Dengan waktu persiapan yang hanya 2 minggu, HMPS Kesmas UIN Jakarta dan SB berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan acara seminar dan launching SB Jakarta ini. Koordinasi secara virtual dan rapat bersama yang hanya 2 kali, dan hingga larut malam, juga dilakoni oleh para panitia yang berdedikasi tinggi untuk bersama – sama menyukseskan acara ini. Hasil kerja keras para panitia pun tidak sia – sia. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias mahasiswa untuk mengikuti acara ini. Jumlah peserta langsung melebihi kuota hanya dalam waktu beberapa jam setelah publikasi acara secara resmi dirilis oleh panitia. Dengan jumlah peserta dan daftar waiting list yang banyak jumlahnya, panitia makin semangat dalam menyelenggarakan acara ini.

Pada hari Minggu tanggal 19 April 2015, acara Seminar Beasiswa dan Launching Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta sukses diselenggarakan. Dihadiri oleh lebih dari 200 peserta, 3 pembicara, dan wakil dekan bidang kemahasiswaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Antusias peserta sangat terlihat ketika mereka sudah datang dari pagi di hari Minggu. Bahkan orang yang termasuk dalam waiting list tetap datang dan menunggu 1 jam sebelum acara dimulai. Acara ini dimulai jam 9 pagi, dibuka dengan pembacaan Al Qur’an dan sambutan – sambutan dari perwakilan HMPS Kesmas UIN Jakarta yang diwakili oleh wakil ketua HMPS Kesmas yaitu Tantri Permadani, perwakilan Sahabat Beasiswa yaitu M.Aziz, dan Dr. Hj. Delina Hasan, M.Kes, Apt selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ibu Delina sendiri, selaku wakil dekan, sangat senang dan menyambut baik diadakannya seminar beasiswa ini dan berharap acara semacam ini dapat berkelanjutan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan menuju agenda utama yaitu pemaparan materi oleh para pembicara – pembicara yang berpengalaman dalam bidang beasiswa. Sesi pemaparan materi ini dipandu oleh moderator yang merupakan wakil dari komunitas Sahabat Beasiswa, Sefi Puspitasari. Sesi pertama diisi oleh Radyum Ikono, B.ENG, M.ENG selaku Founder Sahabat Beasiswa. Dalam sesi ini, Pak Iko berbagi pengalamannya mendapatkan banyak beasiswa selama masa studinya. Beliau juga berbagi tips dalam mendapatkan beasiswa. Sesi kedua diisi oleh perwakilan dari LPDP yaitu Ibu Rumtini. Dalam sesi ini, Ibu Rumtini berbagi info mengenai beasiswa yg dapat diperoleh dari LPDP dan bagaimana cara mendapatkannya. Sedangkan pada sesi yang terkahir, materi disampaikan oleh Inez S. Y. Fitri, perwakilan sekaligus penerima beasiswa Erasmus Mundus. Kak Inez berbagi cerita dan info bagaimana memperoleh beasiswa Erasmus Mundus. Antusias penonton pada materi yang diberikan oleh para pembicara terlihat dari banyaknya peserta yang ingin bertanya pada sesi tanya jawab. Sayangnya, tidak semua rasa keingintahuan para peserta dapat dijawab karena keterbatasan waktu. Antusiasme peserta diapresiasi Kak Inez dengan memberika merchandise dari Erasmus.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan pengenalan komunitas Sahabat Beasiswa kepada para peserta oleh M. Aziz. Usai sesi pengenalan, sampailah pada peluncuruan komunitas Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta yang disaksikan oleh para pembicara dan perwakilah HMPS Kesmas. Dengan penandatanganan piagam, resmilah komunitas Sahabat Beasiswa Jakarta dibentuk. Pada sesi ini dibagikan pula formulir pendaftaran pada peserta seminar yang ingin bergabung dalam komunitas Sahabat Beasiswa. Antusias peserta kembali terlihat dengan banyaknya yg mendaftar menjadi anggota komunitas ini. Para peserta mengaku makin bersemangat dalam memperoleh beasiswa dan menyambut baik adanya komunitas Sahabat Beasiswa ini.

Acara Seminar Beasiswa dan Launching Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta ini selesai pada jam 1 siang. Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan panitia kekuatan dalam menyelenggarakan dan menyukseskan acara ini. Dengan suksesnya acara ini dan baiknya sambutan peserta atas seminar dan peluncuran komunitas Sahabat Beasiswa Chapter Jakarta ini, pihak HMPS Kesmas dan Sahabat Beasiswa berharap dapat terus menjalin kerja sama yang baik kedepannya demi memberikan informasi mengenai beasiswa kepada para mahasiswa Indonesia. Keinginan untuk menjalin kerja sama ini juga mengarah pada harapan untuk membantu lebih banyak mahasiswa Indonesia agar bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik serta meningkatkan kualitas diri mereka sebagai generasi muda dan sumber daya manusia yang diharapkan turut andil dalam pembangunan dan kemajuan bangsa.


Narita Damayanti
Epidemiologi 2013
Dept Kemahasiswaan HMPS Kesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar