HEALTH IS NOT EVERYTHING, BUT EVERYTHING WITHOUT HEALTH IS NOTHING

Search

Selasa, 19 Mei 2015

Saman Festival Ratoeh Jaroe 2015


Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah mengadakan program kerjasama dengan LSO Saman FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu kegiatan “Saman Festival Ratoeh Jaroe 2015” yang bertemakan Let’s Preserve Our National Culture with Traditional Dance  and Improve Our Health pada hari Sabtu, 09 Mei 2015.

Salah satu kebudayaan Indonesia yang patut dilestarikan adalah Tarian Saman yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini pada awalnya dilakukan  untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lebih dikenal dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Seiring dengan perjalanan waktu, tarian ini tidak hanya ditampilkan untuk acara-acara penting seperti perayaan adat saja. Bahkan dalam event-event resmi dan terkemuka pun tari saman menjadi salah satu opsi hiburan yang inspiratif dan menarik. Hal tersebut mendorong bidang kesenian dari Departemen Seni & Olahraga HMPS Kesehatan Masyarakat bekerja sama dengan LSO Saman FKIK untuk mengadakan perlombaan Tari Saman yang dapat diikuti oleh peserta dari SMA dan Universitas se-Jabodetabek.

Kegiatan ini berlangsung pukul 08.30-16.00 WIB, bertempat di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Peserta yang mengikuti kegiatan “Saman Festival Ratoeh Jaroe 2015” berjumlah 21 peserta terdiri dari SMA/MA sederajat dan Universitas se-Jabodetabek. Kegigihan para peserta untuk memperebutkan hadiah sebagai pemenang terlihat dari antusias peserta saat latihan dalam menunggu giliran penampilannya dan beberapa peserta yang rela menunggu pengumuman hingga  akhir acara. Setelah 21  penampilan peserta Saman Festival Ratoeh Jaroe maka didapatkan hasil pemenang yang mendapatkan Hadiah Nominal Uang + Piala + Sertifikat + Parcel Produk Wardah + Kupon Les ENTER yaitu:
Juara 1                         :  SMAN 9 TANGSEL (Rp 2.000.000)
Juara 2                        :  SMAN 46 JAKARTA (Rp 1.500.000)
Juara 3                        :  SMAN 1 TANGSEL (Rp 1.000.000)
Juara Harapan 1          :  MAN 4 JAKARTA (Rp 500.000)
Juara Harapan 2          :  SMAN 7 TANGSEL (Rp 400.000)
Juara Harapan 3          :  SMAN 6 TANGSEL (Rp 300.000)
Juara Favorit               :  MAN 7 JAKARTA

Penampilan salah satu peserta lomba (09/05/2015)
Kegiatan ini tidak hanya diisi dengan penampilan para peserta namun terdapat 13 stand yang terdiri dari berbagai macam makanan, minuman, produk sponsor, games, serta terdapat event tutorial make-up yang ditampilkan oleh salah satu sponsor yaitu Wardah. Tidak hanya itu, terdapat beberapa hiburan serta doorprize produk sponsor untuk para penonton. Lamanya keberlangsungan acara tidak membuat para panitia patah semangat, berkat kerjasama tim antara kedua organisasi dalam program kerjasama ini membuat keberlangsungan acara menjadi lancar dan sukses dilihat dari kebahagiaan para pemenag serta penonton yang hadir  acara dalam kegiatan ini sekitar mencapai 300 penonton dari berbagai sekolah/universitas untuk mendukung tim perwakilannya.

Ketua organisasi yaitu Cesil Magdalena mewakili LSO Saman FKIK dan Ayu Sajida Da’ad Arini mewakili HMPS Kesehatan Masyarakat dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan mahasiswa dalam meningkatkan minat dan bakat dalam seni tari saman serta dapat mempernalkan Kampus Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Sayrif Hidayatullah Jakarta kepada seluruh siswa sekolah SMA/MA se-derajat di Jabodetabek ini. Tidak hanya itu masing-masing ketua juga mengharapkan kegiatan ini dapat membangun keeratan kerjasama tim pada seluruh anggota organisasinya.


Ofin Andina P.S.
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2012
Dept Seni dan Olahraga HMPS Kesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar