HEALTH IS NOT EVERYTHING, BUT EVERYTHING WITHOUT HEALTH IS NOTHING

Search

Kamis, 29 Januari 2015

Basic Training of Public Health (BToPH) ISMKMI Jakarta Raya 2015

Basic Training of Public Health (BToPH) merupakan sebuah kegiatan pelatihan dasar mahasiswa jurusan kesehatan masyarakat. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan dari mahasiswa kesehatan masyarakat dalam berorganisasi dan kepekaan terhadap masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari materi, FGD (Forum General Discussion), penyuluhan kesehatan, simulasi manajemen aksi dan outbound kebersamaan.


Kegiatan BToPH merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh institusi jurusan kesehatan masyarakat. Namun, ISMKMI Jakarta Raya 2015 menyelenggarakan secara serentak untuk seluruh institusi anggota Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) daerah Jabodetabek dan Banten. Salah satu anggota tetap ISMKMI adalah HMPS Kesmas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Oleh karena itu kami mengirimkan empat delegasi perwakilan yaitu Achmad Fauzan Maulana (2013), Annisa Ayu Safitri L (2013), Diah Ayu Srikandi (2013) dan Rizki Zahrotul Hayati (2013) yang disetujui oleh Ayu Sajida Da’ad Arini sebagai ketua HMPS Kesmas UIN Syarif Hidayatullah. Peserta kegiatan tersebut juga berasal dari delegasi institusi kesehatan masyarakat lainnya yaitu HIMA Kesmas Universitas Muhammdiyah Jakarta, HIMA Kesmas Universitas Prof.DR.Hamka, HIMA Kesmas Universitas Respati Indonesia Jakarta, STIKes Banten, HMJ Kesmas Universitas Esa Unggul Jakarta dan HIMA Kesmas Universitas MH.Thamrin Jakarta.
Kegiatan yang diketuai oleh Ayu Fhyta Maharini P. (UIN) ini berlangsung selama tiga hari dua malam mulai dari tanggal 23-25 Januari 2015. Kegiatan dilaksanakan di Kampus UHAMKA dan Villa Ramayana Cipayung Puncak Bogor. Delegasi per institusi sangat antusias mengikuti kegiatan BtoPH tersebut. Materi - materi yang disampaikan oleh pemateri pun sangat menarik yaitu sejarah dan profil ISMKMI oleh Angyun Abraham S.KM., Masalah Kesehatan Kontemporer "Tobacco Control" dan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) oleh Anis Sholihah (Korwil II ISMKMI), Manajemen Organisasi oleh David Apriliansyah (UHAMKA), Manajemen Aksi dan Simulasi oleh Rachmad Nurdiansyah (UHAMKA), dan Gerakan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat oleh Muhyi Nur Fitra (UI).
Dalam kegiatan BtoPH tersebut diadakan penyuluhan kesehatan kepada warga desa Cipayung sekitar Villa Ramayana. Materi penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh peserta BToPH adalah PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Selain itu, dalam kegaiatan ini diadakan pula simulasi manajemen aksi isu kesehatan. Isu kesehatan yang diambil adalah pelayanan kesehatan yang tidak optimal oleh BPJS. Hari terakhir kegiatan ditutup dengan outbound dan pengukuhan. Outbound dilakukan bertujuan untuk melatih kepemimpinan, kerjasama, kesabaran, keberanian, keuletan dan cara penyelesaian masalah. Setelah itu diadakan pengukuhan peserta BToPH oleh Ridwan Ahmad Riyadi sebagai Korda ISMKMI Jakarta Raya 2014-2015. Dalam pengukuhan dinyatakan bahwa peserta yang mengikuti Basic Training of Public Health (BToPH) ISMKMI Jakarta Raya resmi menjadi anggota ISMKMI.











Dzul Faridah Arinal Haq
Epidemiologi 2013
Departemen Public Relation
HMPS Kesehatan Masyarakat 2015/2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar